Selasa, 02 Februari 2010

Cheese Roll Puff


Dari dulu aku seneng banget sama yang namanya cheese roll puff, cuma untuk buat, aku masih ngeri takut gagal..hehehe. Kemarin pas jalan2 ke toko buku, nemu bukunya Yeni Ismayani, Kue Kering Pastry. Langsung deh semangat 45 buat nyoba. Sebelum buat, aku browsing kanan kiri buat tips dan trik bermain dengan korsvet. Akhirnya..voila, jadi deh cheese roll puff aku. Pas jadi, seneng banget, apa yang aku pikir sulit ternyata mudah banget. Secara keseluruhan, aku cukup puas dengan hasilnya. Teksturnya sudah berlapis lapis sesuai dengan syarat si pastry. Untuk rasa, lumayan lah, gak beda jauh sama cheese puff yang dijual di bakery.

Cheese Roll Puff

Bahan:
500 gr Tepung terigu protein tingga (mis. cakra)
8 gr garam
80 gr butter (aku pake yang unsalted)
300 ml air es
250 gr Korsvet (atau mentega pastry)
250 gr keju cheddar, potong 1 x 5cm untuk isi
2 kuning telur untuk polesan (aku tambah dengan 2 sdm susu cair)

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, garam, mentega dan air es, uleni hingga kalis. Giling adonan dengan keempat sisi lebih tipis, lalu letakan korsver di bagian tengah. Tutup korsvet dengan keempat sisi adonan hingga tertutup rapi (seperti membuat amplop). Giling adonan perlahan-lahan hingga tipis dan merata. Lipat adonan dari kedua tepi dan bertemu di tengah dengan bagian yang sama (katanya sih ini tipe lipatan double). Pertemukan lipatan hingga rapat. Giling kembali adonan hingga tipis dan rata. Lipat kembali adonan dengan melipat bagian salah satu tepi.Tutup lipatan dengan tepi yang satu hingga rapi. Lakukan step melipat ini kurleb sebanyak 6 kali. lalu simpan di lemari es hingga siap digunakan (min. 20 menit)
2. Giling adonan hingga ketebalan 1 cm, potong 1 x 10cm. Lilit keju dengan adonan puff, poles dengan kuning telur. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 mnt atau hingga matang dan kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar: