Selasa, 02 Februari 2010

Rainbow Chiffon Cake


Ini cake favorite mamaku, dia sukaaa banget sama chiffon cake. Alhamdulillah gak pernah nemu kesulitan yang berarti setiap buat chiffon. Soalnya hampir setiap hari buat chiffon buat dititipin di toko kue temenku. Biasanya kalo buat, namanya buat jualan, aku cuma berani pake pasta pandan. Sekarang karena ngiler liat rainbow chiffon cakenya Mbak Fat, aku cobalah buat dengan beraneka warna untuk orang rumah. Warnanya kurang ngejreng, masih takut2 pake pastanya, next time, bakal lebih ngejreng lagi.

Rainbow Chiffon Cake
source: NCC

Adonan Pasta

50 gr Gula pasir
20 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
140 gr tepung terigu (aku selalu pakai kunci biru untuk buat chiffon)
1 sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang (kalau pakai santan instan yang ukuran 65 ml cukup ditambahkan air sampai 100 ml)
140 gr kuning telur

Adonan Putih Telur

300 ml putih telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt cream of tar tar (optional, tapi aku selalu pakai kalau buat chiffon)

Rainbow:

1/2 sdt pasta strawberry
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta coklat

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat celcius.
  2. Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, maizena, terigu dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur ditengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus.
  3. Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tar tar hingga soft peak.
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta secara bertahap, aduk dengan whisk.
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian, campur 1 bagian dengan pasta pandan, 1 bagian dengan pasta strawberry, 1 bagian dengan pasta coklat dan satu bagian lagi tanpa pasta.
  6. Tuang keempat bagian tersebut ke dalam loyang chiffon diameter 20 cm tanpa dioles apa apa secara bergantian, tapi jangan di aduk.Panggan kurleb 45 mnt hingga kue matang atau kokoh (jika ditekan permukaannya membal).
  7. Keluarkan kue, panas2 balikan loyang chiffon, bisa disangga dengan botol atau disangga kaki2 loyang, biarkan terbalik hingga dingin.
  8. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga didasar kue. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. balik kue diatas rak atau langsung di atas piring saji. Potong2 menggunakan pisau gergaji.




Tidak ada komentar: