Jumat, 25 November 2011

KBB#26, Panettone






Tantangan KBB kali ini, bikin roti ala Italia yang namanya Panettone. Halahhh...denger namanya aja baru sekarang..hehehe. Katanya roti ini campuran antara roti dan cake dan biasanya dihidangkan saat Natal. Okelah kalau begitu, kalo liat dari gambar hasil browsing di internet, kayaknya enak. Ternyata, setelah dibuat rotinya beneran enak. Itu panettone gak berumur panjang, karena langsung habis diserbu sama orang rumah..

Ok, so here is my Panettone, thanks KBB, rotinya emang bener-bener enak.

Panettone (Traditional Italian Christmas Bread)

Bahan:

11 gram ragi instant

65 ml (1/4 cup) gula

6 sendok makan air hangat

6 kuning telur

Lemon Zest dari 1 buah lemon

sejumput garam

500 - 750 ml (2-3 cups) tepung terigu

100 ml (6 sdm) potongan candied peel (aku pakai dried fruits dan kismis)

100 gr (6 sdm) + 2 sdm butter

4 sdm sultana

4 sdm currant (beri-berian)

1 sdt vanilla

Cara Membuat:

Masukan 1 sdm gula dan ragi kedalam susu hangat, diamkan selama 3 menit. kemudian mix dan istirahatkan di tempat yang kering dan hangat (contoh di atas oven yang sebelumnya telah dipanaskan) sampai volume campurannya menjadi 2 kali lipatnya kurang lebih 5 menit.

Masukan campuran tersebut ke dalam mangkuk, tambahkan kuning telur, vanila, parutan kulit lemon, garam dan sisa gula.

Campur 500 ml (2 cup) tepung terigu secara bertahap sampai lembut ditangan dan adonan dapat dibulatkan. Kemudian campurkan potongan butter sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi lebih lembut dan lebih elastis.

Campur 125 hingga 250 ml (1/2 hingga 1 cup) terigu sampai adonan lebih kokoh, lembut dan tidak lengket.

Letakan adonan diatas meja kerja yang telah ditaburi sedikit terigu. Uleni adonan kurang lebih 10 menit. Setelah adonan lebih lembut, masukan ke dalam wadah yang telah diolesi butter, taburi dengan sedikit terigu. Tutup dengan kain dan letakan di tempat yang kering kurang lebih selama 45 menit sampai adonan berubah volumenya 2 kali lipat (Mengingat cuaca yang kurang baik untuk proofing roti, adonan aku simpan di samping lemari es biar sedikit dapat kehangatan...hehehe)

Kempiskan adonan, tambahkan candied lemon peel, kismis dan currants kemudian uleni sampai semuanya tercampur rata.

Taruh kertas roti yang telah diolesi butter ke dua sisinya dalam loyang besar, masukan adoanan dan beri jejak (torehan) di atasnya. Tutup dengan kertas yang telah diolesi buter dan diamkan selama 15 menit di tempat yang hangat sampai adonan mengembang. Angkat kertas dari atas adonan dan oleskan butter di atas adonan tersebut.

Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius (400 derajat farenheit), taroh loyang yang telah berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 10 menit, turunkan suhi oven ke 160 derajat celcius dan panggang lagi selama 30 sampai 40 menit. Oleskan adonan roti dengan lelehan butter. Roti akan matang setelah bagian atasnya berubah menjadi keemasan dan crispy.

Angkat dari oven dan biarkan selama 15 menit kemudian keluarkan dari loyang.

And finnaly, here's the logo lulus dari KBB....Yieeeeeyyyy




Tidak ada komentar: